He he jumpa lagi dengan saya dengan sobat semua, apa kabarnya nih sobat semua ? sehat dan bahagian bukan ?. Kita akan mencoba mengupas masalah Animasi Partikel."
Source : http://fajaringgit.blogspot.com/2013/02/animasi-partikel.html
Animasi partikel ini banyak penerapannya pada Blender 3D. Contohnya pada animasi nyala api, asap, ledakan, debu, awan, dan masih banyak lagi. Nah, kita sekarang mau coba buat animasi partikel yang dasar dulu, yaitu animasi di mana ada semburan bunga api yang meluncur ke atas. Ya udah, kita langsung ngeBLENDER aja.
- Buka aplikasi Blender 3D.
- Objek kubus default hapus tekan Del, Enter.
- Buat Plane (tekan space � Add � Mesh � Plane).
- Karena kita pada tampilan atas, jadi udah keliatan kan plane nya.
- Pada Plane terpilih, tekan Tab untuk edit mode (warna vertek jadi kuning )
- Tekan F7 untuk berpindah ke objek mode , kemudian tekan particle button, lalu pilih Add New.
- Akan muncul banyak tab konfigurasi partikel, tapi kita hanya menggunakan Particle System dan Physics.
- Pada Particle System biarkan saja settingan default, dimana Amount menunjukkan banyaknya partikel, Sta menunjukkan awal frame, End menunjukkan akhir frame dan Life menunjukkan lamanya partikel akan ditampilkan.
- Pada Physics, setting nilai Object, Normal dan Random. Antara Normal dan Random bisa anda atur sesuai keinginan. Jika Normal lebih dominan maka partikel akan menyembur ke atas secara lurus, namun apabila Random lebih dominan maka partikel akan bergerak memencar. Kalo saya sih kaya gini setingannya:
- Pada Visualization, setting Draw Size nya. Gunanya untuk mengatur besarnya partikel yang akan digunakan. Semuanya terserah keinginan anda aja. Di Blender 3D, "semua bisa diatur". Kalo saya sih 4 aja.
- Tekan F5 untuk tab shading, Tekan Add New.
- Ok, sudah setingannya, kita lihat hasilnya.
- Tekan Num 1 untuk merubah pandangan dari samping. Lalu tekan Alt+A.
- Taraaaam ���keluar kan partikelnya.
- Tapi masih ada satu yang kurang, kalo nih partikel di render, warnanya masih putih, jadi kita perlu merubah warna partikelnya menjadi merah api. Yaitu pada bagian tab shade (F5). Setting nilai RGB nya sedemikian rupa sehingga menyerupai warna nyala bunga api.
- Sip deh�..tinggal di render.
by Yomi
sumber : ngeblender.blogspot.com�
�
"�
Source : http://fajaringgit.blogspot.com/2013/02/animasi-partikel.html
         Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai Animasi Partikel yang menjadi bahasan kita kali ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan saya dan banyak berharap kepada para pembaca yang budiman untuk memberikan kritik saran kepada saya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan para pembaca. Aamiin !
EmoticonEmoticon