Terkabulnya Hajat Mengelilingi Simeulue

Warga Simeulue menyambut hangat kunjungan kerja Gubernur Zaini Abdullah di kabupaten penghasil udang lobster itu, Jum’at (1610) | Foto: Humas Aceh
Gubernur Aceh, dr. Zaini Abdullah secara marathon, sejak Jum’at 16 hingga 19 Oktober 2015, kembali “bergerilya”, meninjau sejumlah proyek-proyek pembangunan yang bersumber dari dana Otsus dan APBA 2015. 
Kabupaten pertama dikunjungi adalah Simeulue. Kedatangan Gubernur di daerah penghasil lobster ini disambut hangat dan akrab oleh ratusan masyarakat. Bahkan sejumlah siswa-siswa mulai dari SD hingga SMP pun ikut menyambut kedatangan Doto Zaini di daerah berjuluk “Simeulue Berhati Emas” itu. Puluhan siswa menyempatkan diri bersalaman.
Rombongan Gubernur terbang ke Simeulue dengan pesawat jenis MAF PK-MAN dari Bandara Sultan Iskandar Muda. Tiba di Bandara Lasikin , Jumat (16/10) sekira pukul 9.30 WIB dan disambut hangat oleh Bupati Simeulue Riswan N, jajaran Muspida dan ratusan warga di sana.
Doto Zaini ternyata pernah berhajat untuk bisa mengelilingi Pulau Simeulue. Hajat itu disampaikan Gubenur Zaini Abdullah ketika berbincang-bincang dengan para korban kebakaran di Kecamatan Simeulue Tengah. “Ini hajat saya, ingin mengililingi pulau Simeulue, saya ingin melihat dan merasakan situasi secara langsung di Simeulue,” kata Gubernur.
Dalam misi mengelilingi pulau Simeulue tersebut, Gubernur mengikutsertakan sejumlah pejabat di jajaran SKPA, antara lain Kepala Bappeda Aceh Prof Abubakar Karim,  Kadis Bina Marga Anwar Ishak, Kadis Cipta Karya Rizal Iswandi, Ka P2K Taqwallah, Karo Humas Pemerintah Aceh HM. Ali Alfatah, Karo Umum Setda Aceh Teuku Aznal Zahri, dan sejumlah pejabat lainnya.
Gubernur dan rombongan meninjau sejumlah lokasi menggunakan kenderaaan darat mengelilingi jalan di seantero Kabupaten Simeulue. Sejumlah titik yang ditinjau Doto Zaini adalah rencana perpanjangan ujung Bandara Lasikin dan lokasi kebakaran pasar Kampung Air Simeulue Tengah.
Didampingi Bupati Riswan NS, rombongan Gubernur juga meninjau jalan dan pembangunan rumah kaum dhuafa di Gampong Lhok Makmur, Kecamatan Alafan, kemudian dilanjutkan peninjauan wilayah Sibigo, Kecamatan Simeulue Barat.
Kemudian meninjau realisasi proyek di kawasan Kecamatan Simeulue Timur, termasuk peninjauan realisasi proyek pembangunan gedung Pendopo Bupati Simeulue, peninjauan lokasi kebakaran kota Sinabang, dan peninjauan Masjid Agung Kabupaten Simeulue.
Selanjutnya, mantan Menlu GAM itu juga menyempatkan diri melakukan peninjauan realisasi proyek pembangunan Sekolah Luar Biasa (SLB) serta monitoring realisasi proyek pembangunan Stadion di kawasan Desa Suak Bulu, Simeulue Timur.
Jalan Lingkar Tuntas 2017
Gubernur mengatakan Pemerintah Aceh tetap berkomitmen merampungkan pembangunan jalan lingkar di wilayah Simeulue. Ditargetkan, pembangunan jalan lingkar akan tuntas pada 2017 mendatang.
“Butuh anggaran yang besar, tapi secara bertahap setiap tahun akan diupayakan, karena ini urat nadi perekonomian penduduk. Pada 2017 nanti jalan lingkar Simeulue diupayakan akan tembus, tidak ada lagi penerobosan. Jalannya aspal dan pengerasan,” pungkas Zaini.
Sementara, Kepala Bappeda Aceh Prof Abubakar Karim menyebutkan panjang jalan lingkar Simeulue mencapai 506 kilometer dan lebih 50 persen dilapisi aspal. Sedangakan sepanjang 60 kilometer lainnya belum diaspal.
Prof Abubakar menyebutkan pembangunan jalan lingkar akan terus dilakukan dengan menganggarkan dana setiap tahun. Menurutnya saat ini masih ada jalan yang sama sekali belum tersentuh pembangunan untuk menghubungkan jalan lingkar karenanya perlu dilakukan penerobosan.
“Ya, tiap tahun pemerintah tetap menganggarkan dana untuk pembangunan jalan lingkar Simeulue,” jelas Kepala Bappeda Aceh.(ridha yuadi)

Dimuat di edisi cetak - TABLOID TABANGUN ACEH - EDISI 51 | OKTOBER 2015


Video yang berkaitan dengan Terkabulnya Hajat Mengelilingi Simeulue


Related Post

Previous
Next Post »