Pengertian Dendrologi

Harlow et al. (1991) menyatakan bahwa terminologi tentang dendrologi memiliki ragam definisi dan telah diperdebatkan dalam kurun waktu yang lama, yang menggambarkan variasi pikiran yang luas dari pengajar/instruktur kuliah dendrologi. Dayton (1945) dalam Harlow (1991) menyatakan bahwa dendrologi mencakup taksonomi, tata nama (nomenclatur), morfologi, fenologi, ekologi, dan sebaran geografi dari pohon-pohon hutan.



Dendrologi adalah salah satu mata kuliah yang dijadikan suatu mata kuliah wajib bagi mahasiswa kehutanan. Dendrologi adalah ilmu yang mempelajari pohon, sabagai seorang rimbawan sangatlah perlu mengenal jenis-jenis pohon, morfologi, dan lain-lainya.

Dendrologi adalah ilmu tentang pohon, yaitu ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat dan taksonomi pohon, penyebaran, ekologi serta kegunaannya, terutama pohon yang tumbuh di hutan. Dendrologi merupakan ilmu dasar dalam bidang kehutanan. Dendrologi sangat membantu untuk melakukan pengenalan terhadap jenis-jenis pohon. Dendrologi juga berkaitan secara langsung dengan ilmu-ilmu lainnya, misalnya Ekologi Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan, dan sebagainya. Karena itu, dendrologi sangat penting untuk dipelajari.

Manfaat dari mempelajari dendrologi, mahasiswa dimungkinkan dapat mensistemasi pengetahuan tentang pohon-pohon yang sangat banyak jenis dan ragamnya, memberikan pedoman untuk mengenal pohon-pohon tersebut, serta dapat memahami berbagai macam variasi, baik disebabkan oleh faktor genetik maupun faktor lingkungan. Untuk lebih banyak mengenal jenis-jenis pohon yang ada di alam, maka diadakan kegiatan kuliah lapang dendrologi. Kuliah lapang dendrologi yang pada kesempatan ini bertempat di Kebun Raya Bogor merupakan bentuk aplikasi nyata di lapangan dan hasil mempelajari ilmu dendrologi yang selama ini telah dipelajari di dalam kelas. Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat mengenal pohondengan mengidentifikasi dari jarak dekat. Selain itu, kuliah lapang ini dapat memberikan suasana baru bagi mahasiswa yang biasanya hanya mem pelajari bagian pohon tertentu saja di dalam kelas.

Hingga saat ini baru sekitar 400 jenis pohon yang dianggap penting dan sudah dikenal dengan baik, diantaranya 267 jenis (nama ilmiah) sudah dikenal dan diperdagangkan, serta dikelompokkan menjadi 120 jenis kayu perdagangan. Dengan demikian, masih banyak jenis-jenis pohon di hutan tropika indonesia yang belum dikenal serta dimanfaatkan. Inilah tantangan yang besar yang dihadapi para rimbawan. Disinilah dendrologi dapat berperan penting dalam rangka membantu pengelola hutan untuk mengenali jenis-jenis pohon yang belum dikenal, dan memanfaatkannya. Oleh karena itu perlu sekali diketahui dengan pasti jenis-jenis pohon apa yang dipelajari. Jadi dendrologi sebenarnya merupakan kunci untuk menuju ke pengetahuan tentang hutan.


reff : http://pengertiandendrologi.blogspot.com/2015/11/pengertian-dendrologi.html

reff : http://pengertiandendrologi.blogspot.com/2015/11/pengertian-dendrologi.html


Video yang berkaitan dengan Pengertian Dendrologi


Related Post

Previous
Next Post »